Senin, 16 November 2015

CARA MENGGUNAKAN FORMAT GAMBAR PADA WEBSITE

Website yang baik akan menampilkan gambar dengan warna yang cerah, jelas dan tajam tidak buram, kurang terlihat jelas dan kabur, disertai ukuran file-nya kecil sehingga bisa melakukan pindah (movement) gambar atau halaman dengan cepat dan cepat di-download. Gambar yang jelas, file-nya kecil adalah gambar yang disarankan untuk penggunaan pada website agar terlihat jelas dan kinerjanya cepat serta dalam penyimpanannya tidak memakan kapasitas yang besar pada memori penyimpanan.

Format gambar yang sering dipakai untuk website ada 3 format, yaitu: Format GIF. Format JPG dan Format PNG

1. Format GIF

Format GIF (Graphics Interchange Format) merupakan format yang paling sering dipakai pada pembuatan atau penampilan gambar di website. Penggunaan gambar format GIF pada website memberi Anda pilihan selective pallete dalam pembuatan sebuah gambar. Dengan penggunaan format gambar GIF Anda menggunakan maksimum 256 warna, dan dapat mengisi keseluruhan header dari file GIF.  

Keunggulan format GIF:

Penampilan gambar yang baik dan bersih pada semua browser dan dapat mengisi sebagian besar warna objek dengan baik walaupun ukurannya relatif kecil.
Daya kompresinya dapat dilakukan dengan sekecil mungkin dengan kualitas bagus, sehingga dengan ukuran file yang kecil dapat mempercepat proses down load. 
Kualitas transparasi dan animasi yang baik.
Dapat meng-customize jumlah warna yang digunakan untuk pembuatan gambar, dalam arti Anda membuat gambar tidak harus menggunakan ke-256 warna, tapi Anda bisa menentukan berapa jumlah warna yang akan digunakan untuk gambar yang dimaksud, dan ketika menyimpan file, jumlah warna yang dipakai itu saja yang disimpan tidak harus menyimpan dalam bentuk 256 warna, dengan demikian akan memperkecil ukuran file dan mempercepat akses browser degan kualitas gambar tetap baik.

Gambar dengan format GIF sudah cukup baik jika digunakan beberapa warna saja misalkan 7 atau 8 warna saja pada penyimpanan dengan optimized pallette dan menggunakan ‘no transparency’, hal ini akan menghasilkan file yang kecil. Berbeda jika disimpan dengan menggunakan 256 warna dan disimpan dengan ‘transparency’, hasilnya tidak jauh berbeda dengan yang disimpan dengan 7 atau 8 warna, tapi ukuran filenya lumayan besar. Jadi untuk ukuran desain standar cukup menggunakan gambar dengan format GIF disimpan dengan beberapa warna saja (jangan disimpan dengan 256 warna) dan menggunakan ‘no transparency’ maka akan menghasilkan gambar dengan kualitas baik dan ukuran file sangat kecil, hal ini baik untuk kecepatan load website.

2. Format JPG

Format JPG (Joint Photographic Experts Groups) mempunyai teknik kompresi kurang begitu bagus jika digunakan pada gambar yang tanpa warna gradasi, yang berakibat pada besarnya ukuran file sedangkan kualitasnya tiak jauh berbeda dengan format GIF yang disimpan dengan file yang kecil (disimpan dengan ‘no transparency dan hanya beberapa warna saja).

Format JPG sangat bagus digunakan khusus pada gambar yang mengandung warna gradasi (continuous tone), bahkan dapat disimpan dengan ukuran file yang sangat kecil, lebih kecil dari kompres file GIF.

Perbedaan yang signifikan antara format JPG dan GIF yaitu:

Format GIF dapat diedit dan disimpan dengan sistem kompresi lossless. Ketika Anda mengkompres frmat GIF menjadi berukuran kecil, hal ini tidak mengurangi kualitas gambar.
Format JPG ketika di edit dan disimpan dengan sistem kompresi lossless atau lossy akan menyebabkan sebagian warna terutama warna cerah akan dihilangkan sehingga tingkat kecerahan warna hasil penyimpanan dengan kompres menjadi tidak cerah dan banyak kehilangan warna.

3. Format PNG

Gambar dengan format PNG belum dapat digunakan secara luas oleh desainer website karena format ini tergolong baru jadi dapat digunakan hanya pada browser-browser tipe yang lebih baru dan masih dalam pengembangan.


CARA MENGGUNAKAN FORMAT GAMBAR PADA WEBSITE Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Marivany . alwi

0 komentar:

Poskan Komentar

Demi kenyamanan bersama, tidak boleh memasang link dalam bentuk apapun, komentar yang berisi link tidak akan diterbitkan
Terimakasih

Direktori

direktori weblogger
Direktori WeBlog Indonesia