Minggu, 06 September 2015

Tips-Tips Menjual Web Desain

TIPS- TIPS MENJUAL WEB DESAIN 


Web desain yang sudah Anda buat tentunya dapat Anda gunakan sendiri, atau dapat Anda jual kepada calon konsumen yang membutuhkan dan tertarik dengan web desain Anda. Anda bisa membuat beberapa web yang didesain khusus untuk kebutuhan tertentu sesuai target market Anda atau sesui kebutuhan pasar yang Anda bidik. Beberapa web desain yang Anda buat dapat menjadi pilihan bagi calon pembeli yang menyukai tampilan, warna-warna atau adanya fasilitas tertentu sesuai kebutuhan mereka.

Dalam upaya menjual web desain Anda ada beberapa hal yang harus diperhatikan berupa hal-hal teknis yang harus Anda tentukan dari awal diantaranya;

1. Pastikan produk yang akan Anda tawarkan sudah siap jual, berikut penjelasan yang diperlukan, misalnya produk yang akan dijual adalah web desain.

2. Anda tentukan calon konsumen yang Anda bidik (target market) apakah instansi pemerintah, instansi swasta, kantor -kantor, toko-toko, atau para pemilik produk tertentu yang belum mempunyai website, seperti produk makanan atau kuliner yang saat ini sedang marak baik produk berbasis menu tradisional maupun menu modern, produk pakaian, produk seni kerajinan, pariwisata, transportasi atau tour dan lainnya. Anda dapat menentukan segmentasi pasar seperti segmentasi wilayah pasar domestik atau mancanegara yang tentunya tampilan dan konten webnya harus berbahasa Inggris. Segmentasi produk tunggal yang dapat dibuat sederhana atau produk multi yang kadang isinya berjumlah ratusan produk seperti toko online multi produk,  juga harus dipersiapkan fasilitas kemudahan transaksi dan kemudahan lain seperti keranjang belanja, mesin pencari dan katagori atau pengelompokan produk yang sedikit rumit.

3. Penentuan target market harus diikuti dengan kesiapan Anda dalam mendesain web seperti misalnya Anda menjual web desain kepada institusi pendidikan harus memakai bahasa pengantar yang resmi dan konten web disesuaikan dengan kebutuhan dunia pendidikan disertai link-link terkait. Website yang diperuntukkan bagi penjualan produk untuk Abg atau kawula muda tentu dari segi isi, warna lan lainnya disesuaikan dengan selera muda atau misalnya menggunakan bahasa gaul atau mengikuti tren yang ada dan sebagainya.

4. Setelah Anda mempersiapkan target market secara rinci Anda dapat menentukan sistem penjualan langsung baik penjualan langsung kepada target market melalui email, melalui telepon, beriklan baris di internet atau media lainnya, dan berbagai jenis pemasaran langsung dapat Anda lakukan. Anda pun dapat memakai sistem penjualan tidak langsung seperti menggunakan reseller, atau sistem penjualan berjenjang atau terstruktur. Anda dapat menjual kepada konsumen dengan harga distributor dan konsumen yang membeli produk Anda menawarkannya lagi kepada relasi mereka dengan harga jual yang umum atau harga pasaran, walaupun keuntungannya agak tipis tapi kalau Anda mempunyai banyak member atau agen yang menjualkan produk Anda tentu keuntungan Anda dapat berlipat ganda.

5. Dalam menjual produk khususnya web desain, Anda harus menentukan cara pemesanan yang harus dilakukan konsumen ketika membeli produk Anda. Kalau Anda mempunyai web yang menggunakan fasilitas klik ketika konsumen membeli produk, konsumen harus diberitahu harga desain web Anda dan nomor rekening Anda guna mentransferkan uangnya, kalau perlu nomor telepon yang bisa mereka hubungi untuk mengkomunikasikan hal-hal yang mereka perlukan dengan Anda, cara pengiriman dan hosting apakah akan memakai jasa Anda sampai web siap diluncurkan atau mereka yang mengurusnya sendiri dan lainnya.

6. Penjualan web design berupa tampilan web yang siap dijual kepada konsumen, kadang-kadang akan berlanjut kepada hal-hal lain yang berhubungan dengan pengembangan desain, misalnya ada konsumen tertarik dengan web desain Anda dan mereka akan membelinya sesuai dengan harga yang disepakati, namun mereka ingin agar Anda melakukan penambahan-penambahan konten misalnya sampai benar-benar jadi 100% siap diluncurkan, pengembangan ini memerlukan kerjasama kedua belah pihak untuk mengkomunikasikan pengembangan web tersebut hingga selesai sesuai pesanan konsumen sampai hosting dan juga kadang-kadang perawatan web atau maintenancenya setelah web diluncurkan ditawarkan juga kepada Anda.


Tips-Tips Menjual Web Desain Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Marivany . alwi

0 komentar:

Poskan Komentar

Demi kenyamanan bersama, tidak boleh memasang link dalam bentuk apapun, komentar yang berisi link tidak akan diterbitkan
Terimakasih

Direktori

direktori weblogger
Direktori WeBlog Indonesia