Kamis, 10 September 2015

Cara Pengelolaan Proyek Website Berbasis Kepuasan Konsumen

CARA PENGELOLAAN PROYEK WEBSITE BERBASIS KEPUASAN KONSUMEN

Proyek pembuatan website khususnya dari perusahaan besar atau instansi pemerintah harus digarap secara profesional. Website merupakan wajah dari instansi terkait, bila websitenya bagus dan berkualitas didukung kemudahan-kemuadahan dalam penggunaanya disertai pelayanan yang sesuai dengan keinginan konsumen sangat berpengruh terhadap kepuasan konsumen dan otomatis citra Anda sebagi pembuat web akan bagus pula dimata konsumen.

Langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam proyek pembuatan website berbasis kepuasan konsumen diantaranya sebagai berikut:

1. Pembuatan suatu proyek pembuatan desain harus berdasar kepada prinsip yang standar yang harus dipegang oleh para pembuat website, diantaranya; pembuatan website harus dirancang dan difokuskan untuk kepentingan konsumen dan kemudahan penggunaan oleh konsumen, dalam arti web tersebut sesuai dengan keinginan konsumen dari segala segi baik unsur artistik maupun teknik yang dicirikan dengan tampilan menarik dan konsumen tidak merasa kesulitan atau merasa nyaman menggunakannya.website seharusnya mendukung konsumen dari segi mudah menampilkan informasi dan mudah dipelajari khususnya oleh konsumen yang awam sekalipun, tidak mengandung kesalahan seperti salah menerapkan gambar dan salah dalam penulisan. Semua elemen yang interaktif juga harus berfungsi dengan benar dan fitur seperti download dapat diakses aoleh sebagian browser. Usahakan untuk membuat website yang cepat di-load oleh pengguna, kalau lambat akan mengesalkan pengguna. Masalah ini biasanya terpecahkan dengan mengupayakan loading halaman maksimal sekitar 7 detik dan ukuran file per halaman tidak melebihi 60 kb. Keseluruhan desain wesite sebaiknya didukung oleh fasilitas atau alat bantu seperti; peta situs (site map) untuk memudahkan pengguna mengetahui keseluruhan isi situs, mesin pencari (search engine), site index untuk membantu pengguna mencari informasi pada web dari halaman utama atau halaman depan. Untuk memudahkan penggunaan bagi yang awam sebaiknya dibuat juga semacam tutorial atau help sistem.

2. Dalam proyek pembuatan web harus selalu melibatkan pengguna atau klien Anda. Anda harus bisa menerima dan memperhatikan segala masukan yang diberikan klien. Kalau masukan itu kurang tepat menurut Anda karena akan berpengaruh kurang baik terhadap salah satu dari efektifitas website seperti akan memperlambat loding dan sebagainya, sebaiknya Anda memberikan keterangan yang lengkap dan jelas disertai kemungkinan-kemungkinan lain sebagai solusi, biarkan konsumen tang memilih karena terkadang ada konsumen yang keinginannya harus dituruti meskipun sudah dijelaskan bahwa hal itu akan memperlambat loading sistem misalnya. Intinya Anda harus selalu bermusyawarah sampai permasalahan beres dan konsumen bisa mengerti dan merasa puas.

3. Sebaiknya Anda berupaya memberikan fasilitas-fasilitas lebih sebagai bonus, agar konsumen senang dan merasa puas. fasilitas yang diberikan tentu saja harus seijin konsumen.

4. Teknologi pembuatan website khususnya dalam proyek sudah seharusnya menggunakan teknologi terbaru yang sudah umum dipakai pengguna internet atau browser saat itu, karena perkembangan teknologi pembuatan web selalalu berubah dan fitur-fitur yang digunakan selalu berubah dan bertambah bagus. Kalau misalnya fitur untuk download yang dipasang tidak bisa digunakan oleh browser lainnya yang membutuhkan informasi dari situs yang Anda buat karena perbedaan teknologi yang digunakan tentu akan menjadi maslah dan merugikan konsumen karena sebagian informasinya tidak bisa disebarkan misalnya. Sebaiknya Anda memakai teknologi yang familiar dengan sebagian besar para pengguna internet.

5. Anda dapat memantau situs-situs lain untuk mengambil inspirasi yang bisa digunakan dan  diselaraskan pada web yang Anda buat untuk kemudahan konsumen.

6. Waktu penyelesaian pembuatan website kalau mungkin sebaiknya bisa dipercepat sebelum dead-line, ketika web sudah selesai dan waktu sebenarnya masih ada anda bisa memberikan kesempatan kepada konsumen untuk uji coba dan kalau ada yang dirasa masih kurang bisa diperbaiki. Ketika waktu yang disepakati berakhir website sudah layak pakai tanpa kesalahan yaang berarti, dengan demikian citra Anda akan bagus dimata klien Anda.





































Cara Pengelolaan Proyek Website Berbasis Kepuasan Konsumen Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Marivany . alwi

0 komentar:

Poskan Komentar

Demi kenyamanan bersama, tidak boleh memasang link dalam bentuk apapun, komentar yang berisi link tidak akan diterbitkan
Terimakasih

Direktori

direktori weblogger
Direktori WeBlog Indonesia