Minggu, 06 September 2015

Cara Mudah Memilih Domain Web Host

Cara Mudah Memilih domain dan web host
Website Anda ibarat sebuah rumah atau toko untuk berjualan, Domain ibarat lokasi rumah atau toko Anda, dan Hosting Ibarat Lahan (tanah) tempat website dan domain berada. Website merupakan paket desain dan program yang dipadukan secara menyeluruh berisi informasi-informasi. Domain dan nama domain merupakan lokasi atau alamat website Anda, dan Hosting adalah sebuah komputer server berkapasitas sangat besar tempat dipasangnya berbagai domain. Anda dapat membeli domain dan menyewa hosting per tahun untuk meluncurkan website yang Anda rancang.

Nama domain adalah merupakan brand image dari website Anda. Pemberian nama domain dilakukan sebaik mungkin dengan nama yang mudah diingat dan mewakili website Anda, kalau Anda mempunyai website yang bertema khusus tentang kesehatan misalnya maka nama domain sebaiknya yang mewakili tema yang anda gunakan. Domain dapat dibeli dengan mudah, banyak website yang menjual domain Anda dapat mencarinya dengan menggunakan search engine website yang menjual domain. Setelah Anda membeli domain, Anda harus meregistrasi domain Anda agar dapat Anda gunakan,  registrasi dapat dilakukan secara online. Domain Anda harus ditempatkan (di-hosted)  pada suatu server, Anda harus menyewa layanan server tersebut. Layanan hosting menyediakan lokasi untuk website Anda, dan anda membayar uang sewa penempatan lokasi domain Anda kepada layanan hosting tersebut, biasanya sewa per tahun dan biayanya tidak mahal. Ada layanan hosting menyediakan lokasi untuk domain Anda secara gratis, namun biasanya mereka menempatkan iklan mereka diwebsite Anda.

Memilih web host gratis untuk hosting domain Anda hendaklah memperhatikan hal-hal  berikut ini:
1. Web host gratis biasanya akan menempatkan iklan di website Anda, pilihlah layanan web host dengan persyartan yang paling ringan atau tidak memberatkan Anda.
2. Ketika situs Anda sudah besar umpamanya, maka kapasitas yang Anda perlukan makin besar pula. Tentu Anda membutuhkan kapasitas tambahan dari kapasitas standar yang diberikan. Anda harus tahu apakah web host yang menampung website Anda menyediakan kapasitas tambahan untuk setiap website.
3. Anda harus tahu jenis file apa saja yang bisa di-upload dan batas ukuran file yang bisa di-upload.
4. Seberapa cepat akses yang diberikan web host tersebut untuk memanggil situs website. Kalau aksesnya lambat akan merugikan Anda dan membuat kesal para pengunjung Anda.
5. Web host harus dapat mendukung fasilitas akses CGI-bin untuk mendukung fasilitas search engine, mailing list di web Anda.
6. Seberapa banyak jumlah atau batasan traffic (bandwith) yang diberikan web host untuk website Anda, karena halaman website termasuk gambar-gambar yang di-load oleh banyak pengunjung selama beberapa kali per bulan, web-host bisa men-disable situs Anda atau akan mengenahan tarif untuk itu.

Memilih webhostk komersial, karena Anda membayar maka layanan yang diberikan harus bagus, untuk memilih web host komersial hendaklah memperhatikan hal-hal  berikut ini:
1. Kecepatan aksesnya harus tinggi
2. Jumlah Bandwith atau traffic yang diberikan tinggi
3. Kapasitas yang diberikan harus besar
4. Technical support yang diberikan bagus dan merespon gangguan dengan cepat walaupun dihari libur
5. Memberikan fasilitas FTP, PHP, PER, CGI-bin, SSI, telnet, SSH.
6. Webhost juga memiliki fasilitas E-mail, autoresponders, POP3, Mail forwarding
7. Adanya fasilitas control panel untuk bisa mengatur alamat e-mail dan bisa merubah password Anda
8. Webhost dapat dijalankan dengan berbagai aplikasi server, baik NT, UNIX, maupun linux dan lainnya.
9. Anda dapat membayar sewa hosting per tahun atau per bulan.



Cara Mudah Memilih Domain Web Host Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Marivany . alwi

0 komentar:

Poskan Komentar

Demi kenyamanan bersama, tidak boleh memasang link dalam bentuk apapun, komentar yang berisi link tidak akan diterbitkan
Terimakasih

Direktori

direktori weblogger
Direktori WeBlog Indonesia